Review Jurnal:  Traditional agriculture: a climate-smart approach for sustainable food production

Singh, R., Singh, G.S. Traditional agriculture: a climate-smart approach for sustainable food production. Energ. Ecol. Environ. 2, 296–316 (2017). https://doi.org/10.1007/s40974-017-0074-7




Pertanian Cerdas Iklim: Prinsip dan Tujuan

Pertanian Cerdas Iklim (CSA), yang dikembangkan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) sebagai respons terhadap tantangan pangan di era pemanasan global, memiliki tiga tujuan utama. Pertama, meningkatkan produktivitas pertanian secara berkelanjutan untuk mendukung peningkatan pendapatan, ketahanan pangan, dan pembangunan yang adil.

Kedua, meningkatkan kapasitas adaptif dan ketahanan terhadap guncangan di berbagai tingkat, dari tingkat pertanian hingga tingkat nasional. Ketiga, mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) dan meningkatkan penyerapan karbon jika memungkinkan.

Tujuan CSA yang berfokus pada produksi pangan berkelanjutan, pengurangan emisi GRK, dan peningkatan ketahanan iklim agroekosistem menjadi fokus utama untuk menghadapi tantangan perubahan iklim. Konsep CSA mencakup transformasi agroekosistem untuk menghasilkan pangan dalam skenario perubahan iklim.

CSA merupakan pendekatan baru yang secara holistik meningkatkan produksi pangan, keanekaragaman hayati, kualitas lingkungan, ketahanan agroekosistem, mata pencaharian, dan pembangunan ekonomi, sambil secara efektif mengatasi dampak perubahan iklim.

Prioritas dari setiap tujuan CSA dapat bervariasi berdasarkan lokasi, dengan petani kecil di negara berkembang cenderung membutuhkan penekanan lebih pada produktivitas dan kapasitas adaptif.

CSA semakin menjadi fokus perhatian, terutama di negara berkembang, karena kemampuannya untuk meningkatkan produktivitas pertanian, ketahanan agroekosistem, dan sekaligus mengurangi emisi GRK.

Dengan menggabungkan tujuan produktivitas, adaptabilitas, dan keberlanjutan lingkungan, CSA menjadi instrumen penting dalam menghadapi tantangan kompleks yang dihadapi oleh pertanian di era perubahan iklim.